f&bvslaundry

Mana Yang Lebih Menguntungkan? Usaha Laundry VS Bisnis F&B

Pada masa kini, usaha laundry menjadi salah satu peluang bisnis yang sering dilirik oleh banyak orang. Terlebih, untuk mereka yang berlokasi di sekitar daerah kost. Hal ini pun akan memberi sejumlah keuntungan yang menjanjikan jika ditekuni dengan baik.
Di samping usaha laundry juga ada F&B, yaitu Food and Beverages atau sederhananya adalah bisnis makanan dan minuman. Kedua jenis bisnis ini bisa memberi keuntungan untuk pemiliknya, sebab juga termasuk populer di kalangan masyarakat.

Mana Yang Lebih Menguntungkan, Usaha Laundry atau F&B?

Seperti yang kita ketahui bersama, usaha laundry menjadi salah satu bisnis yang bisa kita temukan di banyak tempat. Jasa laundry sendiri merupakan suatu kebutuhan yang banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini pun akan memberi kemudahan untuk mereka agar bisa mencuci baju tanpa harus ribet, terlebih untuk yang tak memiliki banyak waktu untuk melakukan sendiri
Di samping laundry, ternyata F&B juga menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan produknya dibutuhkan banyak orang. Hal ini pun dikarenakan banyak orang membutuhkan makanan dan minuman, baik ringan maupun berat. Kebutuhan fisiologis ini tentu saja akan bisa memberi kepuasan untuk mereka. Bisnis ini pun bisa kita temukan di banyak tempat.
Adanya usaha laundry dan F&B sering kali membuat banyak orang merasa bingung untuk memilih mana bisnis yang paling bisa diandalkan. Semua ini sebenarnya relatif. Akan tetapi, Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari kedua usaha ini, seperti berikut.

Laundry

Kelebihan Kekurangan
Banyak yang membutuhkan Persaingan ketat
Bisnis yang mudah dijalani Memiliki limbah
Bisa dijalankan sendiri Biaya perawatan yang besar
Memiliki penghasilan tetap Masyarakat sudah memiliki mesin cuci
Bisa dikerjakan di rumah Masyarakat semakin kritis

F&B

Kelebihan Kekurangan
Makanan dan minuman selalu dibutuhkan Ada kompetitor dari produk serupa
Bisa dilakukan di mana saja Harga dan kapasitas mengisi perut sering dipertimbangkan
Bisa franchise Masyarakat bisa cepat bosan
Sasaran pasar lebih luas Limbah usahanya cukup banyak
Lebih fleksibel dilakukan Harga belum tentu sesuai kantung

Itulah kekurangan dan kelebihan usaha laundry dan F&B. Anda sudah mengetahui bisnis mana yang sekiranya bisa dipilih dan menjanjikan. Semua itu tergantung dengan pertimbangan Anda. Akan tetapi, sebagai informasi tambahan, laundry bisa menjadi bisnis yang Anda pilih dibandingkan dengan F&B yang biasanya cenderung melihat tren dan kejenuhan sasaran pasar.
Salah satu kekurangan dari laundry memang dikarenakan adanya mesin cuci yang sudah dimiliki oleh masyarakat. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tak semua orang memiliki mesin cuci. Di samping itu, tak semua orang juga memiliki mesin cuci yang lengkap dengan pengeringnya. Hal ini juga akan berdampak pada keringnya pakaian pada saat musim hujan.

Soal limbah, baik bisnis laundry maupun F&B sama-sama memilikinya. Bedanya, limbah dari bisnis F&B (restoran, katering, dll) cenderung lebih berat dibanding limbah usaha laundry yang bisa dikurangi dengan teknik pemilihan detergen dan softener ramah lingkungan.

Jika kita pertimbangkan, usaha laundry juga cenderung lebih mudah untuk dilakukan di rumah, terlebih jika Anda merupakan orang yang ingin bekerja tanpa menyewa tempat. Bisnis ini juga bisa lebih praktis dilakukan, karena tak harus menyiapkan bahan baku untuk membuat makanan dan minuman yang akan dijual.
Itulah keuntungan dan kerugian dari usaha laundry serta F&B. Anda bisa melihat bisnis mana yang sekiranya lebih menjanjikan dan memberi prospek ke depan lebih bagus. Pastikan Anda memilih bisnis yang cenderung stabil, sehingga menekan kemungkinan merugi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *